Lagi-lagi sidak yang kecewa, Bupati Lamsel akan Pasang alat pantau di Pemda

Lampung Selatan

Lampung Selatan, Fajarberita.com-H. Nanang Ermanto, mengaku kecewa dengan banyaknya pejabat dan pegawai yang tidak disiplin menjalankan tugas dan kewajiban.

“Dari hasil sidak tadi, tingkat kehadiran ASN masih sangat rendah. Dari sejumlah OPD, hanya ada satu pejabat eselon II yang berada di kantor,”ujar Nanang,

Inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD, Senin (19/4/2021) berlangsung mulai pukul 08.30 hingga 09.30 WIB itu, Nanang Ermanto didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD), Puji Sukanto.

Dalam sidak tersebut, Bupati memeriksa ruangan demi ruangan untuk melihat kehadiran bawahannya, kebersihan, dan kerapihan kantor.

Sidak diawali ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah. Kemudian ke Dinas Sosial, Dinas Perikanan, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan diakhiri ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Selain itu, menyasar dilingkungan Sekretariat Daerah. Mulai dari Bagian Umum, Kesra, Perekonomian, Administrasi Pembangunan, Perencanaan dan Keuangan, Tapem, Organisasi, Kerjasama, Hukum, dan SDA.

Pada bagian lain, Puji Sukanto menambahkan, akan menerapkan absensi online berbasis aplikasi dan dilengkapi global positioning system (GPS). Hal itu sebagai upaya untuk mengantisipasi ASN nakal memanipulasi absen sekaligus mencegah ASN bolos kerja.

“Pak Bupati ingin Lampung Selatan menerapkan absensi online berbasis Android melalui smartphone,”terang Puji.

Menurut Puji Sukanto aplikasi absensi online tersebut untuk meningkatkan disiplin dan kinerja seluruh ASN.

“Aplikasinya bisa diunggah di Playstore. Jadi nanti dia (ASN) harus mengunggah foto selfie (swafoto) terbaru di lokasi kantor. GPS-nya kita kunci dalam radius 10 meter dari kantor. Kalau di luar area kantor tidak bisa login absen,” terang Puji.(red/kmf)

 

 1,900 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *