Kalianda berduka,salah satu pejuang Republik Indonesia wafat di usia 99 tahun

Lampung Selatan PROFIL & SOSOK

Lampung Selatan, Fajarberita.com-Intan Mas Zahidin Muchtar selaku Ketua Pimpinan Cabang Legiun veteran Republik Indonesia (LVRI), tutup usia di usia (99) tahun di Kalianda, Lampung Selatan, Selasa (20/4/2021).

Beliau dimakamkan secara militer di pemakaman umum Mushola Al Akmal Way Curup, Kalianda Bawah. Usai persemayaman dilaksanakan upacara serah terima jenazah dari pihak keluarga kepada negara.

Erdiyansah selaku Camat Penengahan yang mewakili dari pihak kerabat almarhum.Acara pemakaman dilakukan secara militer, yang dilaksanakan oleh Komando Distrik Militer 0421 Lampung Selatan.

Almarhum tercatat sebagai Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia. Dia berjuang sebagai juru rawat dalam Perang Sengit 5 Jam pada 1 Maret 1949 di Kewedanaan Kalianda.

A. Zahidin pernah menjabat sebagai
Kepala Negeri Kalinda (1959-1966). Kemudian, Anggota DPRD Lampung Selatan periode 1977-1982.

“Kami sangat kehilangan tokoh pejuang kemerdekaan sekaligus pembina PPM Lampung Selatan,”ujar Rafika Ketua PPM Provinsi Lampung.
Almarhum merupakan sahabat sekaligus rekan seperjuangan kakeknya H. Muhsin di Kalianda Lampung Selatan.

“Usia yang masih remaja, datuk Zahidin bersama datuk saya H.Muhsin berjuang sebagai juru rawat PMI dalam perjuangan kemerdekaan, khususnya dalam Perang Sengit 5 Jam 1 Maret 1949 di Kewedanaan Kalianda,”ujar Rafika.(red)

 1,420 total views,  4 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *