Satgas Desa dan Kecamatan memiliki wewenang bubarkan kerumunan

DAERAH Lampung Utara LINTAS DESA

Lampung Utara,fajarberita.Com-Satuan Tugas (Satgas) covid 19 tingkat desa dan Kecamatan di Lanpung Utara memiliki kewewenangan untuk membubarkan kegiatan yang sifatnya berkerumun atau mengumpulkan masa jangan hanya mengandalkan Satuan tugas khusus kabupaten.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Utara, Nozie Efialis menjelaskan bahwa kewenangan pembubaran kerumunan juga dimiliki oleh Satgas di tingkat Desa dan Kecamatan bukan hanya mengandalkan tim Satgasus dari Kabupaten.

“Jadi Satgas tingkat Desa dan Kecamatan harus aktif, kalau ada kegiatan yang tak sesuai Surat Edaran Bupati bersama Forkopimda maka harus dibubarkan” jelas Nozie, Minggu,(01-08-2021).

Dikatakannya. apabila terjadi kendala ataupun perlawanan dari masyarakat tentang penertiban dan penegakan surat edaran PPKM tersebut maka Tim Satgasus Kabupaten akan membantu memberikan penindakan.

“Lampung Utara ini sangat luas bahkan ada 23 Kecamatan maka masing-masing Satgas Kecamatan harus aktif menjaga Prokes di lingkungan masing-masing untuk memutus penyebaran covid 19,” jelas Nozie.

Nozi menambahkan untuk saat ini Lampura masuk kategori Zona Orange penyebaran Covid 19, maka kegiatan pesta yang diperbolehkan hanya kurang dari 50 orang dengan diperketat Prokes dan tidak ada hiburan berupa musik.

Sementara itu Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara hingga Rabu (28-07-2021) Pukul 12.00 WIB yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Lampura untuk total warga yang terkonfirmasi positif, baik dengan gejala (simptomatik) maupun tanpa gejala (asimptomatik) mencapai 3.132 orang.

Meski demikian, pasien yang sudah selesai isolasi dan dinyatakan sembuh dari Covid-19 tercatat sudah 1.681 orang. Sedangkan yang masih menjalani proses isolasi sebanyak 1.334 orang.

Disisi lain, total sampai saat ini pasien yang meninggal dunia akibat terpapar Virus Corona di Kabupaten berjuluk Ragam Tunas Lampung mencapai 117 orang.(kontributor af)

 1,821 total views,  4 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *