Sekarang pelanggan PLN bisa mengecek tagihan listrik secara online

PENDIDIKAN Provinsi RAGAM

Jakarta,fajarberita.com-Bagi pelanggan postpaid atau pascabayar.Kini pelanggan PT PLN (Persero) pun dapat mengecek tagihan listrik secara mandiri.Pengecekan tagihan listrik diawal bulan menjadi sesuatu hal yang sangat penting,agar tidak terjadi keterlambatan dalam hal pembayaran.

Dalam hal ini,Agung Murdifi selaku Executive Vice President Komunikasi Korporate dan CSR menerangkan,bahwa pembayaran di awal bulan memudahkan pelanggan untuk bisa menikmati fasilitas kelistrikan.

Dimana, jika sampai terlambat membayar, maka pelanggan tersebut nantinya akan dikenakan denda dan dapat dilakukan pemutusan sambungan listrik.Lalu bagaimana cara cek tagihan listrik bagi pelanggan postpaid?

“Tak perlu khawatir, dimana,pelanggan kini tak perlu lagi menunggu petugas PLN mengirimkan tagihan secara manual.Pelanggan bisa langsung mengakses PLN Mobile untuk mengecek tagihan listrik yang harus dibayar,”ujar Agung dalam keterangannya, Selasa(04-01-2022)

Disini,pelanggan hanya perlu mengunduh aplikasi PLN Mobile di smartphone. Setelah berhasil menginstall aplikasi PLN Mobile lalu lakukan login.Apabila belum memiliki akun, pilih ‘Daftar’ lalu isi nama lengkap, ID Pelanggan atau nomor meter, lokasi, nomor ponsel, email aktif, dan password.

Selanjutnya, pilih tab ‘Informasi’ yang berada di halaman depan. Klik ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’ dan sistem akan menampilkan tagihan listrik dan jumlah pemakaiannya serta riwayat tagihan.

Sementara untuk melakukan pembayaran, Agung mengatakan, setidaknya ada tiga pilihan menu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan atau membeli token listrik.
Cara Pertama
1. Pilih menu ‘Kelistrikan’
2. Pilih ID Pel yang akan dilakukan proses pembayaran rekening listrik, atau
3. Menuju pada menu ‘Pemberitahuan’ (untuk ID pelanggan pascabayar yang telah didaftarkan pada akun PLN Mobile).
Cara Kedua
1. Pilih Menu ‘Token dan Pembayaran’
2. Masukkan Nomor ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila belum terdaftar pada akun PLN Mobile), atau
3. Pilih ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila sudah terdaftar pada akun PLN Mobile)
CaraKetiga
Menuju pada fitur ‘Pemberitahuan’, apabila pelanggan telah mendaftarkan ID Pelanggan pada PLN Mobile, maka akan tampil pemberitahuan antara lain salah satunya Tagihan Listrik (Pasca Bayar).
Selanjutnya, pelanggan akan ditujukan untuk melakukan pembayaran.

Berikut caranya:
Akan tampil daftar tagihan, pilih tagihan yang terbit, pilih ‘Pilih Tagihan’
Lalu akan muncul detil tagihan pilih ‘Lanjutkan Pembayaran’
Kemudian muncul halaman pembayaran, pelanggan pun dapat memilih metode pembayaran dengan pilih ‘Ganti Metode Pembayaran’. Apabila sudah memilih metode pembayaran, pilih ‘Bayar’
Selanjutnya akan tampil batas waktu pembayaran, selesaikan pembayaran, apabila telah selesai, pilih ‘Lihat Transaksi Saya’, akan terhubung ke halaman riwayat transaksi,Pelanggan kemudian akan menerima notifikasi di HP-nya.(hms)

 1,721 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *