Terkait penuntasan kemiskinan ekstrim,245 Desa di Lam-sel telah salurkan BLT DD

DAERAH Lampung Selatan LINTAS DESA

Terkait penuntasan kemiskinan ekstrim,245 Desa di Lam-sel telah salurkan BLT DD

Lampung Selatan,fajarberita.com — Sebelum Hari raya Idhul Fitri 2023 sudah 245 Desa di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), Kamis, (20/04/2023)

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lamsel, Erdiyansyah menghimbau kepada seluruh desa agar menyalurkan sebelum Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Sampai dengan data yang masuk hari ini BLT DD sudah disalurkan di 245 Desa di 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan” ujarnya.

“Dan kita himbau sampai sebelum lebaran sudah dibagikan semua” tambahnya.

Salah satu tujuan utama BLT DD adalah penuntasan kemiskinan ekstrim dalam pemulihan ekonomi Nasional. Dimana salah satu bersumber dari dana desa.

“Dimana disyaratkan minimal 10% sampai dengan maksimal 25% Bantuan langsung tunai dari dana desa. Tujuannya untuk menaikan daya beli dan menahan laju inflasi terutama jelang hari raya Idhul Fitri” jelas Erdy.

“Karena dengan bantuan tunai ini diharapkan terjadi penguatan daya beli kebutuhan pokok khususnya masyarakat tidak mampu, dimana BLT DD sebesar 300 ribu rupiah yang langsung disalurkan 3 bulan dengan total 900.000 Kelompok Penerimaan Manfaat (KPM)” paparnya.

Diketahui semua itu tidak terlepas dari peran Bupati Lamsel, H. Nanang Ermanto yang terus mendorong dinas terkait agar segera mengambil langkah dalam pengentasan kemiskinan.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Pihak PMD Lamsel juga menghimbau kepada desa-desa yang memiliki objek wisata agar terus berbenah.

“Karena pasca Idul Fitri atau liburan nantinya akan banyak kunjungan baik masyarakat ataupun pemudik, selain itu UMKM kita sudah layak untuk menciptakan kreasi sebagai cinderamata ataupun oleh-oleh” tutupnya.(kontributor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *